Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Minggu, 15 April 2012

Ujian Nasional bukan Penentu Kelulusan

CEKAU.COM-Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh, menilai Ujian Nasional (UN) tahun ini bukan penentu kelulusan. Artinya, tingkat kelulusan siswa ditentukan satuan pendidikan bersangkutan. Namun, satuan pendidikan juga menentukan kelulusan berdasarkan, tuntas kegiatan belajar mengajar, akhlak yang baik, dan ujian nasional.



Sementara Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof H Mungin Eddy Wibowo, mengatakan UN 2012 masih sama denga UN 2011. "Peserta tak lulus, masih diberi kesempatan pada tahun depan,” katanya.

Mungin menjelaskan tujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hasilnya akan digunakan sebagai pertimbangan pemetaan mutu program atau satuan pendidikan, penentuan kelulusan peserta didik, dasar seleksi jenjang pendidikan berikut, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Adapun kriteria lulus dalam satuan pendidikan, menurut Mungin, adalah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir dari seluruh mata pelajaran, dan lulus UN.

Sementara 66.185 siswa-siswi SMA dan sederajat se-Riau mengikuti Ujian Nasional (UN) dimulai Senin (16/4) hingga Kamis (19/4). Peserta diminta hanya membawa alat tulis yang dibutuhkan dan dilarang keras membawa handphone (HP).

Kepala Dinas Pendidikan Riau, HM Wardan, menyebutkan pelarangan membawa HP mencegah terjadinya kecurangan. "Kita juga melarang peserta ujian membawa tas dan peralatan lain. Cukup pensil yang dibutuhkan saja," katanya.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home