Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Kamis, 26 April 2012

Kandidat Gubernur Riau 2013 Terkuat, Tebarkan Pesona

(Kiri) Herman, Mambang & Wan
CEKAU.COM-Pesona keindahan yang ditebarkan sejumlah calon-calon Gubernur (Cagub) Riau 2013 sudah dilakukan melalui sejuta senyuman. Sayangnya, 'iklan' seperti ini selalu 'dimakan' media massa, baik cetak ataupun elektronik, yang lebih mengedepankan konsep hard sell. Mereka sangat menyukai konsep semacam ini, lantaran dinilai paling mujarab mendongkrak popularitas seluruh elemen parpol dan rakyat.



Maka, dari konsep inilah muncul kemasan iklan politik yang menawarkan janji-janji surga. Konsep ini juga dinilai mampu mengedepankan eksekusi visual bersifat paritas. Malah, yang terlihat seperti tokoh yang selalu dicitrakan berpendidikan tinggi, religius, bijak, murah senyum, dan merakyat.

Tak heran para cagub ini lebih mengedepankan laksana malaikat yang turun dari langit. Pembawa kedamaian dan kebijaksanaan, sembari membagi-bagikan 'upeti'. Nah, adakah cagub yang katanya menjadi kandidat Gubernur Riau 2013 mendatang, melakukan konsep seperti tersebut di atas? Ya, Anda bisa menilai sendiri.

Berikut nama-nama calon Gubernur Riau 2013, berdasarkan analisis redaksi cekau.com dari pilihan para pembaca, sesuai urutan nomor yang terkuat dan sepak terjangnya, hingga 25 April 2012.

Mambang Mit, Calon Gubernur Riau 2013

Isu atas kesediaan HR Mambang Mit sebagai cagub 2013 sudah dilayangkan berbagai media cetak atau pun elektronik. Lelaki yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau mendampingi Gubernur Riau HM Rusli Zainal, itu ternyata sekarang lagi sibuk mencari pendamping. Pria asal Rengat juga Ketua Demokrat Riau ini, isunya telah melakukan pertemuan bersama orang terdekat yang dipercaya. Hanya saja, lelaki yang dikenal pendiam ini justru jarang balik kampung untuk bersua keluarga jauh, teman sejawat dan sepermainan. Tapi, apakah menjelang setahun pemilihan Gubernur Riau, Mambang akan balik kampung? Nah, dukungan terbanyak dari PNS, terutama kalangan pendidik. 

Herman Abdullah, Calon Gubernur Riau 2013

Mantan Walikota Pekanbaru dua periode ini dibilang akrab dengan kalangan warga. Santun dan cepat mengambil keputusan. Prestasi soal kebersihan tak usah dibicarakan lagi. Banyak penghargaan yang sudah diraih terkait masalah lingkungan. Namun, ia akan tersandung di dukungan partai politik, meski sudah ada angin dari Agung Laksono, Ketua Kasgoro pusat. Tapi soal pendamping Herman masih abu-abu. Gebrakan dari tim sukses kabarnya sudah dibentuk jauh-jauh hari, mesti bersifat sementara. Tapi kalangan PNS masih meragukan dukungannya kepada Herman.

Wan Abubakar, Calon Gubernur Riau 2013

Semua sangkaan benar, Wan Abubakar akan mencalonkan diri untuk maju Pilgub Riau 2013 mendatang. Mesti PPP Riau memiliki calon sendiri, namun upaya pendekatan ke pusat, sudah dilakukan Wan: direstui? Namun, masalah kinerjanya di DPR RI masih dipertanyakan semua pihak, terutama membantu warga Selatpanjang, Kabupaten Meranti, terkait kasus jahit mulut dan dinilai warga terkesan membela perusahaan. Selama di DPR RI, Wan, juga kader PPP ini sebenarnya sudah mulai menunjukkan 'giginya' (belum taring) untuk belajar walk out pada rapat anggaran mempertahankan dana pusat agar lebih memprioritaskan pembangunan di Riau. Bahkan, Wan juga sudah memulai berjalan-jalan (reses) ke berbagai daerah di Riau. Tapi, saat ini tim belum terbentuk. Belum ada kabar pendamping untuk menemani ia maju.

Kandidat Wakil Gubernur Riau 2013

Nah, selain Mambang, Herman Abdullah dan Wan Abubakar didukung masyarakat, namun bagaimana nama-nama lain yang didengungkan media? Ternyata pilihan para pembaca cekau.com, seperti nama Septina Rusli, Istri Gubernur Riau, Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Indra Muchlis Adnan, Bupati Kuansing H Sukarmis, Bupati Inhu Yopi Arianto, Bupati Rohul Achmad, Mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal, Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Lukman Edy, Bendahara Umum DPP PAN Jon Erizal, Anggota DPD RI dari PPP Gafar Usman, disebut-sebut hanya meramaikan bursa pencalonan Gubernur Riau 2013 mendatang. Ya, peminat kurang.

Tak pelak lagi, mesti berawal menjadi kandidat gubernur, namun sepertinya mereka akan berujung pada pilihan sebagai Kandidat Wakil Gubernur Riau 2013. Itu pun jika didukung partai politik. Wah?*


~ 1 komentar ~

  1. Pak Herman layah untuk maju ke pilgub 2013 karena kontribusinya nyata saat memimpin pekanbaru selama 10 tahun....

    BalasHapus

Prev Post Next Post Home