Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 24 April 2012

Misteri Kukang Bersemedi Terungkap

CEKAU.COM-Ternyata hewan bernama Kukang (Nycticebus coucang) adalah jenis primata lucu dan menggemaskan bagi semua orang, ketika melihatnya. Kini, hewan dinilai malu-malu berjenis primata yang bergerak lambat ini, ternyata meyimpan misteri. Buktinya, Sebastian Degardin berhasil mengabadikan foto unik Kukang saat bersemedi (meditasi). Wah?

Tidak heran banyak masyarakat umum yang menjadikan primata ini menjadi incaran untuk dijadikan hewan peliharaan. Malah, di Indonesia, satwa ini banyak ditemukan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Warna rambutnya bermacam-macam, dari kelabu keputihan, kecoklatan, hingga kehitam-hitaman. Warna punggung terdapat garis coklat melintang dari belakang hingga dahi, lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Berat tubuh pun hanya 0,375-0,9 kg, panjang tubuh dewasa sekira 19-30 cm.

Nah, di taman margasatwa Kota Mons, Belgia, terlihat keunikan. Hasil cepretan Degardin, Kukang duduk bersila seperti membaca sesuatu. Kukang ini katanya lagi beristirahat sambil pertapa alias bermeditasi melihat kehidupan alam tempat tinggalnya yang sempit. Mengapa kukang ini bersemedi?

Fotografer asal Belgia ini berhasil mengabadikan foto Kukang tersebut, saat mengunjungi taman itu berlibu. Ia pun mengaku sangat terkejut ketika menyaksikan aksi hewan dari Madagaskar berekor belang itu. Degardin langsung menghampirinya dan mempersiapkan kameranya.

"Saya terkesima ketika saya melihat kukang ini bermeditasi. Saya hanya pergi ke taman margasatwa ini untuk berlibur. Kukang itu berppose dan saya sadar, saya harus mengabadikan fotonya. Untung saja saya membawa kamera, bila saya tidak membawanya, dunia tidak akan pernah menyaksikan hewan yang bertingkah seperti manusia ini," aku Degardin, dikutip Daily Mail, Selasa (24/4).

Malah, kata Degardin, bahwa Kukang tersebut duduk di atas bongkahan kayu besar, sebagai tempat beristirahat. Tampaknya Kukang itu seorang pimpinan dari seluruh kukang di taman margasatwa Kota Mons.

Setelah berhasil memotret, sejumlah Kukang lain mendatangi Degardin. Sepertinya mereka marah, lantaran pimpinan mereka, yang lagi pertapa. Komplotan Kukang itu mulai mengendus-endus kamera.

Alasan ini pula mengapa Datuk Dalang, tim Ahli cekau.com tetap bersikeras, mengatakan bahwa hewan Kukang memiliki kehidupan yang misteri. Ulah fotografer memotret pimpinannya itu sebagai satu keanehan dalam diri Kukang di dunia. Padahal masih banyak misteri lain pada Kukang. Ini tergantung jenis Kukang itu sendiri. "Seperti Kukang Api, dikenal mampu bertahan dari kobaran api. Tak satu pun bulu Kukang ini dilalap api," ujarnya.*


~ 1 komentar ~

  1. ini LEMUR bukan kukang..kaya' karakter King Julian (Madagascar)

    BalasHapus

Prev Post Next Post Home