Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 17 April 2012

Cara Buat Surat Berhenti Kerja yang Benar

CEKAU.COM-Apakah keputusan Anda sudah bulat untuk berhenti bekerja? Nah, banyak gaya dalam tata bahasa Indonesia berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) sejak 1972 lalu. Intinya, bagaimana cara buat surat berhenti kerja versi terbaru, agar tidak menyinggung mantan bos atau atasan kita. Yang jelas, akan terkesan profesional dan berpengalaman, santun dan beretika. Ya ada nilai skill dan kecerdasan. Bagaimana cara membuat surat berhenti kerja itu?

Jika Anda masuk bekerja dengan baik, tentunya ketika berhenti harus baik-baik pula. Inilah kelebihan orang Indonesia, adanya rasa sungkan, segan, atau merasa tidak enak ketika hendak membuat surat berhenti bekerja, yang tidak membuat orang tersinggung.

Cara menulis surat berhenti bekerja sama halnya dengan cara membuat surat lamaran kerja. Jenis tulisan surat lamaran kerja ini pun bermacam-macam. Ada yang menyebut cara menulis surat lamaran kerja versi terbaru, ada pula menulis cara membuat surat lamaran kerja terbaru 2012. Bahkan untuk menarik pembaca, ada juga membuat Cara Buat Surat Lamaran Kerja agar diterima.

Aneh-aneh memang, tapi, intinya, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sesuai dengan EYD dan bernilai profesional. Lengkapnya baca: Cara Jitu Buat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. http://www.cekau.com/2012/04/cara-buat-surat-lamaran-kerja-terbaru.html

Begitu pula Cara Membuat Surat Berhenti Bekerja. Ada yang menulis: Cara Membuat Surat Berhenti Bekerja Terbaru 2012. Banyak pula tertarik dengan gaya Cara Menulis Surat Berhenti Bekerja yang Benar. Jadi semua ini tergantung kita memilih.

Yang jelas, Cara Membuat Surat Berhenti Bekerja itu berisikan tanggal, hari, bulan dan tahun, latar belakang, maksud dan tujuan serta diakhiri dengan penutup dan salam hingga tertanda dari si penulis Surat Berhenti Bekerja. Jadikan surat berhenti bekerja ini satu halaman saja, sementara jika ada lampiran selipkan dibelakang surat pertama, sesuai petunjuk di bawah.

Cara Membuat Surat Berhenti Bekerja, dapat dilihat seperti contoh di bawah ini:
1. Sudut kanan atas pojok: Ditebalkan
Bandung, 30 Desember 2012

2. Bawah posisi kiri: Ditebalkan
Nomor: 01/PBB/XII/2012 (Jika ada, nomor surat pribadi Anda maka perlu diisi. PBB: Permohonan Berhenti Bekerja))

3. Bawah posisi kiri: Ditebalkan
Lampiran: terlampir. (Jika ada lampiran seperti fotocopy surat kontrak kerja, kartu pengawai dan surat-surat penting menyangkut kantor.

4. Bawah posisi kiri: Ditebalkan dan digaris bawahi 
Hal: Permohonan Berhenti Bekerja

5. Bawah posisi kanan: Ditebalkan
Kepada Yth:
Bapak/Ibu Pimpinan
PT..........
Jalan.......
Kota........

6. Bawah posisi kiri: Sejajar garis vertikal 01 atau Permohonan....
Dengan Hormat,

Saya doakan, semoga Bapak/Ibu selalu sehat dan aktif menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

Sehubungan dengan surat permohonan pemberhentian bekerja yang saya ajukan ini, maka saya menyampaikan maksud dan tujuan untuk mengundurkan diri bekerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Hal ini mengingat, (sampaikan alasan Anda, point 1,2, 3 atau 4).

1. tugas dan tanggung jawab sebagai istri dan orang tua semakin bertambah, maka.....
2. pindahnya suami saya bekerja ke kota lain, maka.....
3. pindahnya istri saya bekerja ke kota lain, sebagai pegawai negeri sipil (PNS) maka.....
4. kesehatan saya semakin berkurang, maka ....
5. Dan, berbagai alasan lain. Intinya jangan menulis beban tugas Anda terlalu berat selama bekeja di kantor tersebut.

...... maka, saya memberanikan untuk mengajukan pengunduran diri sebagai (jabatan Anda), yang sudah bekerja selama ...... tahun di perusahaan Bapak/Ibu.

Untuk itu, segala tingkah laku saya maupun hasil pekerjaan yang dinilai tidak baik dan menggangu hati Bapak/Ibu, maka saya menghaturkan maaf atas segala kesilafan dan kekurangan yang saya miliki.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan atas keinginan dan tidak ada yang mempengaruhi saya. Atas perhatian dan bantuan yang Bapak/Ibu berikan selama ini, saya ucapkan banyak terimakasih. Semoga, ilmu dan pengalaman yang saya tempa di perusahaan Bapak/Ibu pimpin ini dapat menjadi penghargaan yang tak ternilai harganya bagi saya. Terimakasih.

7. Bawah dihitamkan:

Hormat Saya,


tanda tangan dan nama Anda

Nah, semoga format penulisan surat berhenti bekerja ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home