Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Kamis, 29 November 2012

Parpol yang Lolos Verifikasi

Partai Politik Lolos Verifikasi
CEKAU.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menetapkan 15 partai politik yang lolos verifikasi. Namun, hanya satu parpol tak lolos, karena dinilai tidak menampung 30 persen perempuan di kepengurusan, yakni Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

"Dari verifikasi faktual, KPU Riau memutuskan 15 parpol dinyatakan sesuai dengan data dari KPU pusat. Sedangkan satu parpol yakni PDP tidak lengkap karena 30 persen perempuan dalam kepengurusannya tidak terpenuhi," jelas Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sabli, saat rapat pleno terbuka di Hotel Nirwana, Pekanbaru, Selasa (27/11/012).

Edi menjelaskan, rapat pleno ini dihadiri ketua-ketua parpol di Provinsi Riau itu, membahas verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2014 beradasarkan Peraturan KPU nomor 7, nomor 8 dan nomor 11 tahun 2012.

Partai Politik yang Lolos Verifikasi :
  1. Partai Amanat Nasional (PAN),
  2. Partai Bulan Bintang (PBB),
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),
  4. Partai Demokrat (PD),
  5. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra),
  6. Partai Golongan Karya (PG),
  7. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura),
  8. Partai Kesatuan Persatuan Indonesia (PKPI),
  9. Partai Keadilan Sejahtera (PKS),
  10. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),
  11. Partai Nasional Demokrat (Nasdem),
  12. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN),
  13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Hasil verifikasi faktual itu, lanjut Sabli, akan disampaikan ke KPU pusat, Bawaslu, dan masing-masing pengurus parpol. "KPU Riau tak berwenang menyatakan PDP tidak lolos, karena itu wewenang KPU pusat. Kita hanya mengirimkan hasil verifikasi faktual ke KPU pusat," kata Sabli.

Selanjutnya, KPU Riau akan melaksanakan pleno terbuka pada 22 Desember 2012 mendatang. Rapat jug amembahas rekapitulasi hasil verifikasi faktual KPU kabupaten/kota se-Riau. Hasil rekapitulasi itu akan dikirim ke KPU pusat, Bawaslu, dan pengurus parpol.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home