Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 02 Oktober 2012

Penambangan Emas Tanpa Izin Marak di Kuansing

Penambangan Emas
CEKAU.COM-Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), kini terjadi lagi di wilayah Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Padahal sebelumnya, aksi Peti ini sudah dihalau oleh aparat kepolisian. Kok bisa?



Maraknya aksi penambangan ilegal ini diakui Camat Singingi Hilir, Drs Yulpides, bahwa pihaknya mengakui adanya aksi liar para penambang emas tak berizin, terjadi di wilayah administrasinya.

"Aduh, aktivitas Peti ini bukan berkurang bahkan bertambah. Saat ini memang sangat banyak di Singingi Hilir dan kita mengakui cukup sulit memberantasnya," ujar Yulpides kepada wartawan di Teluk Kuantan, Jumat (28/9/2012).

Yulpides mengakui bahwa upaya yang dilakukan pihaknya saat ini hanya mampu mengimbau dan mengingatkan masyarakat bahwa aktivitas ilegal yang sudah merusak lingkungan dan ekosistem lainnya.

"Aksi ini secara nyata sudah merusak lingkungan. Paling tidak masyarakat harus tahu, bahwa kegiatan tersebut sudah melanggar hukum," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya tidak melakukan aktivitas Peti ini lagi. Apalagi aksi ini marak di setiap sungai yang terdapat di wilayah Singingi Hilir yang diduga melibatkan masyarakat.

Menurut Yulpides, pihaknya tidak berhak melakukan eksekusi karena yang berhak adalah aparat kepolisian. Namun demikian, pihaknya bersama Upika Singingi Hilir terus melakukan pendekatan persuasif kepada para pelaku.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home