Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Kamis, 07 Februari 2013

Penulis Cilik Riau "Pengemis Chattingan" yang Memberi Motivasi

Rusli Zainal bersama Alia

CEKAU.COM-Provinsi Riau kini terlahir seorang penulis cilik. Dialah Radhitya Alia Nusambi. Kreativitas dan prestasinya gadis ini bukan hal biasa bagi anak siusianya. Sejumlah buku cerita "Pengemis Chattingan" kini sudah beredar di pasaran. Padahal, gadis kecil disapa Alia ini ternyata masih duduk dikelas 7 Aksel SMPN 1 Pekanbaru. 





"Buku yang lain masih saya tulis. Tapi judulnya rahasia ya," kata Alia, didampingi ayahandanya Agung PM, saat bertandang ke rumah gubernur Jalan Diponegoro Pekanbaru dan  disambut hangat dan gembira oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal MP, Senin (4/2/2013).

Audiensi oleh penulis cilik ini bukan hal biasa pula bagi seorang anak kecil. Namun, upaya ini dilakukan Alia, karena pada kesempatan lain ia juga akan mengikuti even di Pekanbaru yang akan diadakan pada 17 Maret mendatang, yang Insya Allah diadakan di Perpustakaan Soeman HS. "Acara ini bertujuan untuk menciptakan minat baca dan budaya menulis bagi anak-anak," sebutnya disela-sela acara audiensi tersebut.

Sejumlah buku hasil karya Alia mengugah hati Gubernur Riau (Gubri). Pasalnya, anak usia belasan tahun, sudah menghasil tulisan yang mudah dan akrap serta enak dicerna dan dibaca anak-anak. Apalagi murid SMPN 1 Pekanbaru ini menjemput Gubri untuk dapat hadir sekaligus membuka acara launching buku tersebut.

Ada dua buku cerita yang sudah ditulis Alia, bahkan sudah dipasarkan untuk umum. Antara lain berjudul "Pengemis Chattingan" yang mengisahkan seorang anak yang pulang kampung bersama temannya. Dan, cerita inilah Alia bermengemas, ketika ia bertemu dengan seorang pengemis. Uniknya, saat pengemis itu asyik bermain internet. Wah, apa yang dilakukan pengemis tersebut? Ya tentunya Alia mengarahkan cerita yang memberikan anak-anak untuk motivasi belajar.

Sememntara cerita kedua diberi judul "Resep Rahasia". Cerita ini berawal tentang kisah seorang anak bernama Sela. Kisah ini antara seorang anak kecil yang suka jajan atau membeli martabak milik Bapak Pepno. Ini dilakukan Sela saban hari. Namun aksi beli martabak ini mengundang tanya bagi teman Sela lainnya. Nah, disinilah cerita memuncak hingga akhir tulisan.

Gubri HM Rusli Zainal pun, tersnyum ketika Alia mengisahkan sinopsis dari dua tulisan cerita yang telah dibukukannya itu. Kesempatan itu Gubri pun sangat bangga akan prestasi dan kreativitas Alia, yang telah menggabarkan sebuah kisah sederhana yang tertulis dalam buku tersebut. 

Buku yang telah dipasarkan tersebut, membuat Gubri juga menyampaikan kepada Alia pada khususnya dan seluruh anak anak di Riau pada umumnya untuk dapat meningkatkan minat baca dan teruslah berprestasi demi mengharumkan nama Provinsi Riau dikancah nasional.

"Saya menyambut baik atas prestasi dan kreativitas Alia ini. Semoga hal ini terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi anak-anak Riau lainnya," sebut Rusli, dan usai audiensi menerima dua buah buku cerita anak yang ditulis Alia.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home