Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Sabtu, 23 Februari 2013

Budidaya Ikan Kurau, Domestikasi yang Menjanjikan


CEKAU.COM-Usaha domestikasi adalah salah satu cara untuk mengembangbiakkan ikan melalui budidaya keramba jaring apung (KJA). Tentunya hal ini melalui pencapaian yang mengagumkan, sehingga dapat menghasilkan jumlah yang memuaskan. Namun, hal ini membutuhkan waktu dan perencanaan yang matang,  baik ditinjau dari sudut teknis maupun kajian sosial ekonomis, agar pada satu saat sebuah paket teknologi budidaya Ikan Kurau ini dapat diterapkan ke masyarakat.  

Secara teknis, budidaya domestikasi ikan kurau ini sepeti mempertimbangkan lokasi yang tepat dimana domestikasi itu direncanakan; teknologi yang dipakai untuk usaha domestikasi, fasilitas yang diperlukan, tenaga terampil; dana yang berkesimbangan); biologis (aspek biologis ikan kurau; feeding bahavior; pertumbuhan; dan lain-lain). 

Keberadaan dari sejumlah besar jenis-jenis organisme akuatik yang mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan merupakan salah satu keuntungan  yang dapat dimanfaatkan untuk mencari jenis ikan baru untuk domestikasi. Apalagi masih banyak dari jenis organisne air di seluruh perairan dunia yang belum dievalusi atau dikaji untuk dijadikan kandidat organisme budidaya.

Baru sebagian kecil dari total jenis organisme akuatik yang digunakan oleh manusia berhasil didomestikasi dan dibudidayakan secara komersial. Menurut laporan tahunan FAO (2006) ada sekitar 336 organisme akuatik yang dipelihara  yang berasal dari 115 famili. Namun, keberhasilan yang gemilang dalam domestikasi hanya beberapa jenis saja seperti ikan mas, tilapia, trout, catfish, salmon, mullet dan  beberapa jenis udang laut dan udang galah. Secara rinci dapat dilihat pada tulisan berjudul: Ikan Kurau, Ikan Terenak Riau yang Masih Tersisa.  

Untuk itu, tujuan kegiatan domestikasi ikan kurai ini adalah:
  1. Mengkaji  kemungkinan berdirinya sebuah instalasi domestikasi ikan kurau (Polydactylus sp).
  2. Membuat rancangan teknis (detail desain, kebutuhan tenaga, kebutuhan bahan dan alat; teknologi domestikasi)  instalasi domestikasi ikan kurau.
  3. Membuat Rencana Pengembangan Unit Instalasi Domestikasi ikan Kurau.

Aspek biologis ikan kurau, teknologi budidaya ikan sejenis yang sudah ada di daerah lain; Laporan produksi ikau kurau Dunia, nasional dan di Riau; Teknologi Pembenihan ikan sejenis yang ada di daerah lain; serta aspek teknis, sosial ekonomis dan biologis lainnya yang menyakut dengan  ikan kurau dan sejenis lainnya.

Data dan informasi kajian pustaka akan dijadikan bahan teknis penyokong unit instalasi dalam melakukan kegiatan domestikasi ataupun sebagai bahan perbandingan dimana beberapa aspek teknis dan biologis dapat diterapkan di Unit instalasi yang akan dibangun. Disamping itu direview pula laporan-laporan dari pemerintah daerah yang menyangkut tentang tata ruang dan kebijakan perikanan di lokasi yang di survei.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home