Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 04 Desember 2012

Taman Kota Pekanbaru, Sejuk Diantara Dedaunan

Taman Kota Pekanbaru
CEKAU.COM-Taman Kota Pekanbaru menjadi pilihan warga. Ya, lihat saja sejumlah ruas jalan itu penuh sesak sederet kendaraan bermotor yang parkir.  Terletak di samping penginapan mewah Jalan Diponegoro, Pekanbaru.  Kendaraan bermotor berbagai merek milik warga Pekanbaru itu ternyata mencari hiburan gratis yang menyenangkan. Inilah taman kota dan taman kota, yang disulap Pemerintah menjadi ajang alternatif rekreasi bagi warga kota.

Namanya juga taman, tentu hamparan berbagai bunga tertapa apik dengan warna yang indah. Ditambah lagi rindangnya, pohon mahoni dan angsana bersyaf mengikuti alur taman. Beberapa pendopo dan tempat duduk, menambah kenyamanan bagi pengunjung. Tempat bermain anak-anak juga membuat betah berlama-lama di sana. Fasilitas lain juga ditemui seperti, mushola dan kolam pancing yang menggiurkan.

Suasana dan fasilitas yang ditawarkan semakin menyeruakkan kehausan akan sebuah ketenangan dari para pengunjung yang tidak memandang usia. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua datang beramai-ramai untuk mencicipi sarana tersebut. Kerinduan masyarakat kota terhadap keberadaan taman kota jelas bukan semata-mata untuk memberikan ketenangan dengan menjadikannya sebagai tempat bersantai, namun juga memberikan andil dalam pemeliharaan lingkungan hidup. Adanya pohon dapat mengurangi polusi dan memberi kesegaran.

Karena hampir di setiap kota di Indonesia saat ini dirasakan tidak nyaman, panas waktu siang hari. Apalagi polusi suara dan udara, bahkan banjir dikala musim penghujan. Faktor penyebab masalah ini adalah hilangnya daya dukung lingkungan untuk mengantisipasikan keadaan tersebut keberadaan kawasan terbuka dan hijau di pusat-pusat kota semakin penting artinya.
Salah satu sudut Taman Kota Pekanbaru

Tidak terkecuali Kota Pekanbaru dengan perkembangan yang sedang dijalaninya, kondisi diatas jelas sangat terasa dan pastinya anda juga sering merasakannya. Untuk itulah, keberadaan sebuah taman kota sangat penting sebagai tempat bagi warga untuk merasakan kenyamanan dan kesegaran di tengah kota.

Penyegaran (refresing) merupakan kebutuhan dari masyarakat yang penuh dengan kesibukan setiap harinya dan dengan fariasi monoton yang mampu menimbulkan tingkat kejenuhan bahkan stress. Salah satu usaha mengatasinya adalah dengan keberadaan taman kota yang akan memenuhi kebutuhan akan kesenangan pada sebuah ketenangan.
Hutan Kota di Pekanbaru
Seperti yang diungkapkan Yanto mahasiswa Jurusan akuntansi di Pekanbaru saat berkunjung bersama lima rekannya, mengatakan keberadaan taman kota seperti saat ini sangat bagus dan penting. "Taman kota memiliki peranan penting bagi masyarakat maupun lingkungannya, selain tempat bersantai taman kota memerikan kesegaran untuk suasana kota," jelasnya.

Keberadaan taman kota tentunya dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum tanpa harus memandang dari strata ekonomi maupun golongannya. Terlebih bagi masyarakat yang ekonominya pas-pasan, karena walaupun hidupnya pas-pasan mereka tetap membutuhkan refresing. Seperti halnya yang dilakukan mahasiswa yang notabenenya masing-masing merupakan perantau.

Taman Kota di Pusat Kota Pekanbaru
Taman kota yang kian ramai dikunjungi setiap harinya dengan berbagai aktifitas ringan, baik itu hanya sekedar bercengkrama dengan sanak family, sahabat, teman-teman atau dengan sang pujaan hati (pacaran). Salah satunya adalah Zulifah bersama kedua putrinya ditemani sang suami duduk bercengkarama di sebuah pendopo tepat disebelah kiri dari gerbang masuk taman. "Kebetulan anak-anak minta keluar, dari pada jalan ke mall suami saya minta di taman kota saja," ungkapnya dan mengaku tinggal di Jalan Taman Sari Tangkerang.

Ternyata taman kota bukan sekedar tempat untuk melepaskan kepenatan dari aktifitas yang terjadi dalam sehari penuh. Keberadaan kolam dengan diameter yang cukup luas ternyata memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk melakukan olah raga memancing yang mengasah kesabaran tersebut. Anda yang memiliki kegemaran memancing tentu memiliki kesempatan untuk merasakan sensasi yang diberikan taman pancing yang berada tepat di tengah taman kota ini.

Namun itu hanya terjadi disana, bukan seperti yang terjadi di sudut kota, di depan kantor Walikota Pekanbaru bahkan di bundaran belakang kantor Gubernur yang hampir setiap malam dipenuhi oleh masyarakat sekedar mencari kesenangan. Itu membuktikan kurangnya penyediaan taman kota atau ruang terbuka di kotamadya Pekanbaru.

Jika dilihat lokasi tersebut, jelas telah terjadi penyalahgunaan fungsi dari tempat-tempat tersebut. Kecenderungan masyarakat untuk menempatinya sebagai tempat aktivitas bermain, refresing sangat memprihatinkan sekali. Keterbatasan akan ruang dan menyatunya dengan kebisingan serta polusi kota tidak memberikan kenyamanan.

Dan jika anda salah satu diantara pengunjung disana, maka anda tidak akan mendapatkan ketenangan. Fenomena itu membuktikan tingginya kebutuhan masyarakat akan kehadiran ruang terbuka atau taman kota. Seluruh dokumentasi dari riaudailyfoto dan repro redaksi cekau.com.

Selamat menikmati keindahan taman kota dan taman kota di Pekanbaru.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home