Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 28 Mei 2012

AMRI Sesalkan Dialog Forum IPA tak Libatkan Media Lokal

CEKAU.COM-Hajatan antarmedia pada talk show with BPMigas pada rangkaian The 36th Indonesian Petroleum Association (IPA) Anual Convetion and Exhibition di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (25/5) lalu menuai kritikan. Mengapa?


Paling tidak acara tersebut seharusnya melibatkan media lokal, yang dinilai tahu seluk-beluk keinginan masyarakat melayu yang memiliki potensi minyak dan gas (Migas) terbilang besar.

Ini ditegaskan Ketua DPP Askar Melayu Riau (Amri), Anas Aismana kepada Metro Riau, Sabtu (26/5). Paling tidak, ide ini sebagai masukan para pemimpin di perusahaan Migas yang tahu hanya ekspolitasi semata," geram Anas.

"Ini sudah tidak patut, seharusnya jika membicarakan sebuah potensi minyak dan gas, daerah penghasil terbesar seperti Provinsi Riau dan daerah penghasil lainnya turut dilibatkan," tambahnya.

Anas mengungkapkan kekesalan ini, terkait tidak dilibatkan sejumlah daerah atau media lokal yang tunak sebagai narasumber. Apalagi pemberitaan di salah satu media milik Jakarta, baru beberapa tahun berdiri dan melalangbuana di tanah melayu ini dijadikan narasumber.

"Sebenarnya masih banyak media lokal yang dinilai mampu menjewantahkan aspirasi masyarakat melayu yang selama ini hanya melihat anggukan pompa minyak di dearah Minas, Duri, Zamrud, dan sejumlah pengeboran lepas pantai di Meranti," katanya.

Pria yang pernah menggerahkan massa mengamankan aset perusahaan minyak di Rumbai Pesisir, beberapa tahun lalu itu menginginkan agar pihak penyelenggara seharusnya lebih bijak dan jeli, jika forum tersebut mencari solusi dan informasi yang telah dialami masyarakat di sekitar eksploitasi perusahaan.

"Jadi bukan hanya bicara bagi hasil, namun cobalah lihat apa yang telah didialami masyarakat," tegas Anas, juga pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home