Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 06 Desember 2011

Wah, 9 Paket Jalan Multiyears Riau Rp1 Triliun

CEKAU.COM Sembilan dana paket pembangunan jalan multiyears di Provinsi Riau mencapai Rp1 triliun, pada APBD Riau 2012 mendatang. Usulan yang dinilai mendesak ini, akan dianggarkan empat tahap, sebelum berakhirnya jabatan Gubernur Riau.

Adanya usulan kagetan ini diakui anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, Abubakar Sidik, kepada wartawan, Selasa (6/12). "Ya, usulan ini bersifat mendesak, akibat kerusakan jalan yang sangat parah. Sehingga tidak ada pilihan lain, selain menganggarkan pada tahun jamak," akunya.

Abubakar mengatakan tahun ini ada sembilan paket, diantaranya ada di Kampar dan Inhu. Kabupaten Indragiri Hulu total paket ada dua, yakni, ruas jalan Simpang Siberida-Lubuk Kandis sepajang 60 kilometer. Lalu pembangunan Jalan Simpang Ifa menuju Simpang Ibul sepanjang 89 kilometer.

"Proyek ini adalah peningkatan jalan kelas C dengan bobot 8 ton dengan kondisi aspal dirancang rangka beton untuk menahan bobot kendaraan 30 sampai 40 ton," terangnya.

Selain itu, katanya, paket proyek jalan lainnya adalah Simpang Beringin-Meredan Kabupaten Siak, ruas jalan Lubuk Agung-Batu Sasak Kabupaten Kampar, Simpang Lubuk Gaung-Kawasan Industri Dumai.

Selebihnya, di Mahato-Dalu-dalu Kabupaten Rokan Hulu dan Pujud-Hahato Kabupaten Rokan Hilir, Slensen-Kota Baru Kabupaten Indragiri Hilir, Sorek-Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Simpang Siberida-Lubuk Kandis, Lubuk Kandis-Simpang PT IFA dan Simpang Ibul-Simp PT IFA Kabupaten Indragiri Hulu.

Ditambahkannya, untuk tahap awal, rata-rata satu ruas jalan akan mendapat alokasi anggaran Rp10-15 miliar. Dana ini untuk uang muka pembangunan, rencananya akan diselesaikan 2013 mendatang dengan empat tahap anggaran, sebelum berakhirnya jabatan kepala daerah. *


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home