Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Minggu, 04 Desember 2011

Menatap Panorama Bukik Cokiak Kuansing nan Asri

Bukik Cikiak Kuansing, Riau
CEKAU.COM-Panorama alam Bukik Cokiak Kelurahan Muara Lembu, salah satu objek wisata alam nan asri di Kuansing. Letaknya dipinggir jalan antara Teluk Kuantan dan Muara Lembu Ibukota Kecamatan Singingi, sebagai rest area.

Jika berhenti di objek wisata ini, pengunjung dapat menikmati bentangan alam yang hijau dan Bukit Barisan. Bahkan jika hari cerah dapat melihat barisan pegunungan yang ada di Sumatera Barat. Lokasinya sekitar 120 an kilometer dari Pekanbaru menuju kota Teluk Kuantan, dan dari kota Teluk Kuantan sekitar 35 an kilometer.

Sebelum mencapai lokasi panorama Bukik Cokiak ini, pengendara harus mendaki dengan melewati sejumlah kelokan, seperti kelok sembilan walaupun lebih rendah. Melewati belokan yang ada, pengunjung juga disuguhi pemandangan alam yang asri nan hijau.

Sesampai di puncak Bukik Cokiak, pengunjung akan mendapati gerbang yang menandakan jalan masuk ke kawasan panroma Bukik Cokiak, sebelah kiri dari arah Teluk Kuantan menuju Pekanbaru. Di tempat ini ada sekitar dua buah pondok tempat istirahat dan juga selasa untuk tempat duduk bagi mereka yang ingin istirahat.

Sayangnya pantauan di lapangam, kondisi pondok dan selasar tidak lagi terawat dengan baik, bahkan terlihat sudah lapuk dan kotor. Selain itu semak-semak yang tidak ditebang juga memperburuk kondisi di kawasan yang sangat potensial sebagai kawasan rest area ini.

Jika semak-semak ini ditebang, pengunjung akan dapat menyaksikan kendaraan yang sedang naik melewati belokan yang ada ditemani semilir angin dan kesejukan yang ada di lokasi tersebut sambil menyaksikan panorama alam yang membentang indah.

Camat Singingi sudah mengusulkan kawasan ini dibangun kawasan rest area bagi pengendara dengan dilengkapi sarana istirahat, ibadah dan warung makan dan minum bagi mereka yang sedang berhenti.

Jika menurun ke bawah, pengunjung akan dapat menikmati pesona wisata lainnya, yakni tempat pusat Mandi Balimau warga Kuansing menjelang masuknya Ramadhan. Tempat ini menjadi favorit karena airnya yang bersih apalagi jika PETI tidak beraktivitas, dan juga pasir yang banyak sehingga kebersihan sungai terjaga serta tidak terlalu dalam.

Di sungai ini pengunjung juga dapat menyaksikan Jembatan Gantung yang cukup baik. Jembatan ini menambah keindahan suasana lokasi pemandian. Diseberangnya ada lokasi pemakaman dengan pepohonan yang hijau yang selalu dirawat warga setempat.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home