Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 06 Juni 2011

Pulau Mampu Beso, Pulau Kecil tak Berpenghuni di Riau

Pulau Mampu Beso
Pulau Mampu Beso, (Besar, red) tak sebesar namanya. Kata "beso" disebut masyarakat, justru kecil nyatanya. Pulau ini berada di kawasan administrasi Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Pantai yang indah menyusuri tujuh kilometer, menghiasi bibir pulau. Bila mengitari lewat darat, dapat ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang 12,2 km.

Selain daratan yang kecil, pulau ini memiliki aliran sungai yang berwarna hitam namun jernih, sisa endapan pohon bakau. Sungai itu bernama Mampu, yang mengalir sepanjang 1,2 km, dengan lebar delapan meter dan kedalaman tiga meter.

Praktisi Lingkungan UR, Pareng Rengi MSi, ketika bersua dengan cekau.com, ditanya karakteristik pulau ini menjelaskan Pulau Mampu Beso termasuk gugusan pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Selain terbilang kecil, sumber air bersih belum banyak dinikmati di pulau ini.

“Kondisi biogeofisik inilah sehingga tidak memungkinkan untuk di huni. Penutupan lahan pesisir pulau juga didominasi vegetasi mangrove dan pasir di tepi pantai,” jelas Pareng, yang pernah meneliti karakteristik pulau-pulau kecil termasuk Mampu Beso.*


Prev Post Next Post Home