Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Jumat, 03 Juni 2011

Budidaya Kakao Potensi di Natuna

source: foto haiti
Kakao adalah salah satu komoditas perkebunan yang kontribusinya cukup besar bagi pendapatan devisa negara. Usaha budidaya kakao merupakan tempat tersedianya lapangan kerja bagi penduduk, Terutama peluang usaha ini di Kabupaten Natuna. Demikian disampaikan tokoh masyarakat natuna, Syahrial kepada cekau.com.

“Yang jelas, usaha ini berusaha membantu petani kakao agar mampu meningkatkan produktivitas melalui program peningkatan produksi secara kuantitas dan kualitas, berdasarkan konsep kelestarian lingkungan,” katanya.

Selain usaha ini bertujuan untuk mengetahui potensi usaha budidaya kakao, kelayakan finansial pengembangan usaha budidaya kakao, dan untuk mengetahui tingkat sensitivitas usaha budidaya kakao bila terjadi kenaikan biaya (cost) dan penurunan penerimaan (benefit).

“Usaha budidaya kakao, dapat dikembangkan sebagai potensi melalui kelayakan financial, tingkat sensitivitas dan penurunan penerimaan,” terangnya.

Kabupaten Natuna menunjukkan peluang dengan didukung iklim dan tanah sangat cocok untuk usaha budidaya kakao. Secara finansial ini menguntungkan dan layak untuk dikembangkan, melalui penanaman system okulasi yang pertumbuhan akan cepat.


Prev Post Next Post Home