Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Rabu, 28 Maret 2012

Otak Albert Einstein akan Dipamerkan

Otak Albert Einstein
CEKAU.COM-Dialah penemu teori relativitas umum dan terkenal ke seluruh dunia. Adalah Albert Einstein. Meski wafat setengah abad lalu itu, namun ilmuwan jenius ini masih tetap misteri atas kemampuan otaknya yang fenomenal. Kini, atas penasaran di kalangan dunia pendidikan, otak profesor kelahiran Jerman ini akan dipamerkan di Inggris. Wah, untuk apa?

Di galeri Wellcome Colection, London, Inggris, potongan otak Einstein akan dipamerkan, bersama dengan otak tokoh-tokoh lainnya. Dilansir Daily Mail, Selasa (27/3), dua fragmen kecil otak Einstein di lempeng kaca akan dipinjamkan ke galeri tersebut oleh museum di AS.

Ketika meninggal tahun 1955 di usia 76 tahun, otak ahli matematika ini diambil dan dipotong menjadi 240 bagian. Ahli patologi yang mengeluarkan otak Einstein dari tempurung kepalanya, Thomas Harvey, mengatakan telah mendapat izin dari anak Einstein kala itu.

Dia lalu mengawetkan ratusan potongan otak itu di tabung berformalin di rumahnya. Harvey mengaku menyimpan otak Einstein untuk tujuan penelitian. Tidak seperti anggapan banyak orang, otak Einstein ternyata kecil.

Harvey lantas menyerahkan sekitar 46 potong otak Einstein kepada koleganya, William Ehrich, yang lantas menyimpannya di museum di Philadelphia.

Selain fragmen otak Einstein, pameran bertajuk Otak: Pikiran sebagai Materi yang akan dibuka pekan ini juga menampilkan potongan otak milik pembunuh, aktivis, dan ilmuwan komputer.

"Otak menunjukkan bagaimana organ tunggal yang rapuh menyiratkan harapan, ketakutan, dan sebagian praktek paling ekstrem serta teknologi tinggi di peradaban modern," ujar kurator Marius Kwint.

Siapa Albert Einstein

Data wikipedia, Einstein dilahirkan di Ulm di Württemberg, Jerman, sekitar 100 kilometer sebelah timur Stuttgart. Bapaknya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu lalu menjalani pekerjaan elektrokimia. Ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Cannstatt. Keluarga mereka keturunan Yahudi; Albert disekolahkan di sekolah Katholik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola.

Albert Einstein, lahir di Ulm, Kerajaan Württemberg, Kerajaan Jerman, 14 Maret 1879. Meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, 18 April 1955 pada umur 76 tahun) adalah seorang ilmuwan fisika teoritis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20.

Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia. Pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan, saat itu. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius.

Apa Keahlian Albert Einstein

Saat lulus, Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, keterburuannya sebagai orang muda yang mudah membuat marah professornya. Ayah seorang teman kelas menolongnya mendapatkan pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss pada tahun 1902. Di sana, Einstein menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengetahuan fisika.

Di artikel pertamanya di tahun 1905 bernama "On the Motion—Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat—of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid", mencakup penelitian tentang gerakan Brownian.

Menggunakan teori kinetik cairan yang pada saat itu kontroversial, dia menetapkan bahwa fenomena, yang masih kurang penjelasan yang memuaskan setelah beberapa dekade setelah ia pertama kali diamati, memberikan bukti empirik (atas dasar pengamatan dan eksperimen) kenyataan pada atom. Dan juga meminjamkan keyakinan pada mekanika statistika, yang pada saat itu juga kontroversial.*


~ 1 komentar ~

Prev Post Next Post Home