Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 20 Maret 2012

Prancis Status Darurat, Setelah Penembakan Sekolah Yahudi

Presiden Nicolas Sarkozy
PRANCIS - Pasca-penembakan sekolah Yahudi di Toulouse, Prancis, Presiden Nicolas Sarkozy menetapkan negara dalam status darurat. Dia juga memerintahkan pencarian besar-besaran pelaku penembakan kini belum diketahui identitasnya.


Penetapan ini diterapkan berada di tingkat "Scarlet', atau tingkat tertinggi skema antiteror Prancis. Bahkan ini berlaku setelah penembakan di sekolah Ozar Hatorah, Senin waktu setempat, yang menewaskan empat orang, tiga di antaranya anak-anak. Ini dilansir The New York Times, dikutip vivanews.com, Selasa (20/3).

Dalam status darurat tingkat Scarlet, tentara memiliki kuasa penuh atas keamanan wilayah. Mereka berhak menutup beberapa fasilitas publik, seperti stasiun kereta api dan jalan-jalan.
Tentara dan pasukan keamanan diturunkan di beberapa lokasi di Toulouse untuk mencari tersangka. BBC menuliskan, pencarian orang kali ini adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah Prancis.

Sarkozy memerintahkan penjagaan ketat oleh paramiliter dan pasukan anti huru-hara di berbagai rumah ibadah, di antaranya sinagoga dan mesjid-mesjid di Prancis, sampai pelaku penembakan tertangkap.

Penembakan terjadi pada Senin pagi waktu setempat, saat para murid berkumpul di depan sekolah. Pelaku yang menggunakan skuter beraksi sendiri dan menembak membabi buta, menewaskan seorang rabbi, dua anaknya yang berusia 3 dan 6 tahun dan seorang gadis berusia antara 8-10 tahun.

Korban rencananya akan dimakamkan di Israel. "Seluruh korban tewas memiliki kewarganegaraan ganda Prancis dan Israel, dan Israel akan menjadi tempat peristirahatan terakhir mereka," kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan, dilansir CNN.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home