Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Jumat, 09 Maret 2012

Iklan Uni Eropa Dinilai Menyindir Sejumlah Negara, Heboh!

Video Youtube Growing Together
CEKAU.COM-Gara-gara iklan berdurasi 1 menit 23 detik yang ditayangkan media elektronik, akhirnya pihak Uni Eropa dengan cepat menarik tayangan iklan tersebut. Pasalnya, Raoul Ruparel, dari Open Eropa menilai iklan itu berbau sara. Sementara Uni Eropa membantah bila iklan itu ditujukan untuk mengecilkan ras tertentu.

"Ini langkah keliru soal penayangan iklan tersebut," aku Raoul Ruparel seperti dikutip nicolaswatt.

Namun pihak Eropa malah membantah. "Iklan itu tidak dimaksudkan menjadi rasis, dan kami menyesalkan adanya pandangan ini dari beberapa orang. Kami meminta maaf jika ada yang merasa tersinggung," kata juru bicara Uni eropa Peter Stano, dilansir BBC, Jumat 9 Maret 2012.

Iklan uni eropa ini dibuat dengan dana 121.500 euro atau Rp1,4 miliar. Cerita iklan seperti menggambarkan seorang wanita Eropa berambut pirang tetapi mengenakan baju terusan kuning ala Bruce Lee di sebuah hanggar tua. Tiba-tiba datanglah tiga lelaki dari berbagai etnis dengan gaya kelebihan bela diri masing-masing. Pertama pria China dengan jurus kungfu. Kedua, lelaki India bersorban dengan pedang ala India. Ketiga, pria kulit hitam berasal dari Brazil dengan jurus capuera.

Lalu, mesti perempuan seperti orang Eropa, namun gaya yang dilakoninya seperti seorang ninja dari China. Dengan semedi sesaat, perempuan pirang itu menggandakan diri dan mengepung ketiga pria yang langsung tak berdaya dengan membentuk lingkaran. Wanita itu lalu duduk bersila. Nah, lucunya tanpa perlawanan ketiga pria itu malah ikut bersila pula.

Di bagian penutup, wanita-wanita maya ini menjelma menjadi bintang, perlambang Uni Eropa. Diakhiri dengan tulisan 'Semakin banyak kita, semakin kuat'.

Mengapa Iklan Uni Eropa Ini Dibuat?

Iklan yang buat dengan konsep terarah dan profesional itu, menurut Stano bahwa iklan tersebut ditargetkan untuk pemirsa usia 16-24 tahun. Alasannya, anak-anak dan remaja merangkak dewasa ini akan mengerti tema bela diri dalam film atau video games. Iklan ini,  tambahnya, bertujuan mempromosikan perdamaian dan harmoni.

Karena heboh, terkait rasis, maka saat ini, video tersebut sudah dihapus dari laman Youtube. Sedikitnya 8.000 situs menampilkan video tersebut.

Download video:


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home