Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Jumat, 17 Februari 2012

Tennas Effendi Pun Pening Nak Buat Nama Pengganti Tugu Zapin

CEKAU.COM-Keberadaan tugu zapin yang berada di titik nol Kota Pekanbaru masih menuai tanya dari kalangan masyarakat. Tokoh Melayu Riau, Tenas Effendi juga merasakan sama. Ketika ditanya nama yang layak untuk tugu tersebut, akunya, tugu yang menghabiskan APBD Provinsi Riau Rp.4 milliar lebih itu, dari berbagai aspek tidak ditemukan makna dari perencanaan tugu zapin. Ada nama lain?
 
"Pening juga nak bikin nama apa, dikatakan itu patung orang menari zapin tentu sangat tidak mungkin. Karena tari zapin itu santun gerakannya. Kan makna tari zapin adalah tarian dakwah, jadi tidak sembarangan gerakannya itu," jujurnya.

Menurut Tenas, dari berbagai aspek pun tidak akan ditemukan adanya unsur melayu dalam patung tersebut. Terutama dari polanya, laki-laki yang posisinya diatas perempuan. Selain itu warna baju yang dikenakkan patung itu juga tidak menggambarkan seragam melayu, bahkan tempat objek patung itu menari juga seakan tidak jelas dimananya.

"Entah di awan, entah diombak, entah di ranjau, tak jelas sedikit pun. Mungkin saya yang bodoh atau memang patung itu yang susah dimengerti apa sebenarnya maksud dari objek tersebut," keluhnya.

Tenas mengatakan, agar nama dari tugu itu tidak dibenarkan menjadi Tugu Zapin. Karena dikhawatirkan akan menjadi bahan ejekkan dan olok-olokkan bagi masyarakat lainnya yang datang ke Pekanbaru dan mengetahui sejarah Zapin.

"Ganti lah namanya, jangan sampai diresmikan itu namanya Tugu Zapin. Malu kita kena olok nanti. Ini memang kesalahan dari pembangunan tugu. Harusnya sebelum dibangun harus ada koordinasi kepada tokoh yang mengetahui seluk beluk zapin itu, sampai ke kampung-kampung pun masih banyak yang mengetahui tari zapin itu, harusnya belajar dulu ke sana baru dilakukan pembangunan berdasarkan gerakan yang benar," tutupnya.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home