Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 06 Februari 2012

Pesawat AS Acap Serang Warga Sipil Pakistan

ISLAMABAD-Pesawat pengebom tak berawak Amerika Serikat (AS) kerap melakukan serangan di Pakistan, acap menewaskan warga sipil Pakistan. Sementara Obama mengklaim tidak menimbulkan korban warga sipil.

Laporan investigasi dari The Sunday Times, pesawat pengebom tak berawak itu kerap menewaskan puluhan warga sipil yang hendak membantu korban serangan udara AS atau pun warga yang tengah menghadiri pemakaman.

Selama Presiden Barack Obama memimpin AS, tercatat sudah 260 serangan dilancarkan oleh pesawat tersebut ke wilayah militan Pakistan. Laporan mengenai tewasnya warga sipil akibat serangan udara AS, diketahui pada insiden 30 Desember lalu. Saat itu ABC News melaporkan remaja Pakistan berusia 16 tahun, Tariq Khan, tewas bersama sepupunya di dalam sebuah mobil.

Keduanya tewas dalam serangan udara AS. Saat ABC News meminta keterangan mengenai insiden itu kepada warga setempat yang bernama Akbar, Media AS tersebut menemukan hal yang mengejutkan.

"Akbar tidak menyediakan foto dari lokasi serangan udara (AS). Secara virtual tidak ada satu pun yang berhasil terekam, karena pesawat pengebom AS kerap menargetkan warga yang muncul di lokasi serangan". Demikian laporan dari ABC News yang diperoleh The Sunday Times, dan dikutip okezone.com, Senin (6/2).

Dokumen dirilis Biro Investigasi Jurnalisme The Sunday Times, menunjukan apa yang telah dilakukan oleh AS dan hasilnya pun jauh lebih buruk. "Serangan pesawat pengebom tak berawak AS dilakukan CIA di Pakistan, sudah menewaskan puluhan warga sipil yang menolong korban serangan ataupun warga yang menghadiri pemakaman dari korban serangan".

Hasil penyelidikan yang dilakukan selama tiga bulan ini, menunjukan bukti bahwa sekira 50 warga sipil terbunuh dalam serangan lanjutan, saat warga hendak membantu korban. Serta lebih dari 20 warga sipil tewas.

Penemuan ini dirilis beberapa hari setelah Presiden Barack Obama mengklaim bahwa serangan pengebom AS di Pakistan ditargetkan dan difokuskan pada musuh. Sementara Obama juga mengklaim serangan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa warga sipil.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home