Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 04 Juli 2011

Tip Agar tidak Lupa Setiap Hari

CEKAU.COM-Menurut pakar, sering lupa merupakan gejala yang sering timbul jika seseorang jarang menggunakan otaknya. Jenuh dengan rutinitas juga merupakan salah satu penyebabnya. Nah, Anda yang masih muda tetapi mulai sering ''lupa'', jangan diem aja. 

Anda harus mengatasinya. Anda harus mengasah otak, agar selalu dapat berpikir jernih dan kreatif.
  1. Pilih waktu yang tepat untuk berpikir pada orang yang lebih tua, pagi hari merupakan waktu yang paling pas untuk berpikir. Sedangkan pada sebagian besar orang yang lebih muda, waktu siang lah yang paling cocok.
  2. Carilah sendiri waktu mana yang paling nyaman bagi Anda bila hendak memeras otak. Pelajari pengetahuan baru agar otak terlatih untuk mengingat dan mengolah data.
  3. Setiap kali ada informasi pengetahuan baru tak ada salahnya Anda pelajari sekedar men-charge otak Anda.
  4. Catat hal-hal yang penting. Catatlah selalu hal-hal ingin Anda ingat. Karena tulisan lebih bisa diandalkan daripada ingatan. Misalnya di atas meja kerja atau di depan cermin di rumah.
  5. Milikilah keterampilan. Secara berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan kemampuan ingatan manusia. Pilihlah ketrampilan yang menarik minat Anda. Misalnya merangkai bunga, kursus montir, belajar musik, dan sebagainya.
  6. Biasakan berpikir alternatif. Setiap kali menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi masalah, biasakan untuk memiliki cadangan solusi. Solusi yang satu gagal, Anda masih memiliki alternatif solusi yang lain.
  7. Memiliki lebih dari dua alternatif akan lebih baik. Berteman dengan orang yang pintar Penelitian membuktikan orang yang berada di lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang pintar dan cerdas, akan terbawa cerdas pula.
  8. Beri perhatian pada hal-hal yang perlu. Anda ingat Setiap kali Anda menghadapi hal yang penting, cobalah untuk memberi perhatian lebih. Misalnya ketika Anda bertemu klien bisnis baru, ingat dan catat namanya dengan baik.
  9. Dengarkan musik. Mendengarkan musik, bukan cuma bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah mengandung. Mendengarkan musik yang lembut saat Anda suntuk diyakini dapat menyegarkan otak bahkan jiwa Anda.
  10. Berolahragalah. Olahraga secara teratur terbukti meningkatkan kinerja fisik dan otak Anda. Saat berolahraga, oksigen masuk ke dalam tubuh akan meningkat drastis. Termasuk pula pasokan ke otak. Di samping itu, olahraga juga dapat merangsang peningkatan neurotrofin di dalam tubuh.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home