Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 18 Maret 2013

Masalah Pencemaran Lingkungan Tuntas Tahun Ini

Penambangan Pasir di Riau

CEKAU.COM-Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) Balthasar Kambuaya, menargetkan, jika tahun ini semua permasalahan pencemaran lingkungan hidup, harus tuntas. Penegasan Balthasar itu diungkapkannya saat membuka secara resmi membuka Rapat Koordinasi Regional (Rakoreg) se-Sumatera, beberapa waktu lalu, di Hotel Pangeran Pekanbaru.

"Penyelesaian masalah pencemaran lingkungan ini, terus menjadi perhatian khusus. Kita minta tahun 2013 ini, semuanya sudah selesai," paparnya.

Meneg LH mengatakan, ditargetkannya tahun ini karena tahun depan tidak memungkinkan untuk diselesaikan."Karena tahun depan, sudah masuk tahun transisi kepemimpinan pemerintahan. Makanya tahun ini harus kita selesaikan," yakinnya.

Upaya penyelesaian pengendalian pencemaran ini lanjut Balthasar, harus terukur dan terprogram. Sehingga, setiap penanganannya tertata rapi dan terinventarisir. Terkait pencemaran udara seperti asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang kerap dilakukan perusahaan dan masyarakat, Meneg LH menyebutkan, perlu penanganan yang komprehensif. Termasuk berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan (Kemenhut).

Tidak hanya itu, Balthasar juga mengatakan, jika masalah asap ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Malaysia, Singapura maupun Thailand."Karena head office perusahaannya ada di negara itu,"tuturnya.

Sementara Gubri, HM Rusli Zainal dalam sambutannya mengatakan, dengan Rakoreg ini hendaknya dapat memberikan langkah positif terutama dalam menanggulangi pencemaran lingkungan hidup. "Dan ini saya kira sangat penting, karena masalah pencemaran lingkungan ini tidak menjadi persoalan kementerian, tetapi juga tanggungjawab kita semua," katanya.

Ilham Malik, panita pelaksana, dalam laporannya menyebutkan, peserta Rakoreg ini diikuti 250 orang yang mewakili seluruh perwakilan BLH Se Sumatera. Tujuan Rakoreg ini, adalah komitmen untuk merumuskan kebijakan dan koordinasi pengendalian pencemaran lingkungan hidup yang sudah semakin memprihatinkan.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home