Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Senin, 21 Januari 2013

Pemilu 2014, Rahasia Dibalik Keberuntungan Nomor Urut Partai

Rahasia Nomor

CEKAU.COM - Ada 10 partai politik (Parpol) yang lolos tahap verifikasi faktual pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif Tahun 2014 mendatang. Ini hasil rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan sekaligus penetapan nomor urut peserta di ruang sidang lantai 2, gedung KPU, Jakarta. Uniknya, banyak partai berebut nomor urut yang diingini, sekedar ingin mencari keberuntungan atau membingungkan pemilih dengan nomor partai besar pada Pemilu lima tahun lalu?

Nah, rapat pleno yang dihadiri para ketua umum dan sekretaris jenderal dari berbagai partai tersebut, diawali dengan pengundian nomor antrian partai. Nah, inilah hasil pengamatan su shu Cik Aci, berdasarkan kemampuan supranatural dari berbagai rahasia yang lama digunakan oleh nenek moyang dulu. Kerahasiaan ini bisa diungkapkan sesuai dengan arah angin yang bertiup, namun harus diikuti dengan program kerja yang mengarah ke rakyat.

Apalagi, jika nomor urut itu baik, namun bila tidak diikuti dengan sasaran program yang sesuai, maka sama saja dengan memancing di kolam namun tidak memiliki kail dan umpan. Begitu sebaliknya, jika ada nomor urut Parpol yang tidak sesuai yang diinginkan, maka bisa dilakukan dengan program kerja ke arah yang lebih baik, terutama program yang berada di atas permukaan bumi atau menyentuh tanah. Berikut hasil penelusuran nomor urut partai, yang dikenal sebagai angka "Jari Ling".

Dibalik Rahasia Nomor Urut

1. NOMOR 10: ANGKA KEBERUNTUNGAN DAN WASPADA

Pasca penarikan undian nomor parpol, para petinggi partai peserta Pemilu 2014 langsung memakanai nomor yang mereka dapat. Misalnya, Partai Hati Nurani Rakyat menyebut nomor 10 yang mereka dapat seperti nomor punggung Lionel Messi. 

"Hanura mendapatkan nomor urut 10, maka kami harapkan perolehan suara Hanura pada pileg nanti akan sama dengan produktifitas gol yang dibuat Messi yang juga menggunakan no punggung 10," kata Sekretaris Fraksi Hanura Saleh Husin.

Saleh mengatakan dalam kampanye 2009, pihaknya menganjurkan pemilih untuk memilih pojok kiri atas. Sedangkan pada pemilu 2014 cukup memilih pojok kanan bawah. 

2. NOMOR 7: KERAMAT, BISA JATUH BISA AMAN

Lain lagi dengan Wasekjen DPP Demokrat Ramadhan Pohan menilai nomor 7 yang didapat Partai Demokrat sebagai nomor keajaiban. "Nomor kantor (DPP Demokrat) beralamat di Jalan Kramat 7. Ini artinya akan terjadi keajaiban, walau kami banyak dicaci di media, kami akan nomor satu nanti pada pemilihan," ujar Ramadhan. 

Menurutnya, banyak keajaiban terjadi pada nomor 7. Ia mencontohkan keajaiban di dunia hanya dipatok tujuh, begitu juga sumpat sapta marga ada tujuh, dan thawaf mengelilingi Kabah berjumlah tujuh kali, dan masih banyak yang lainnya. 

3. NOMOR 5: ANGKA SEJARAH, TINGGAL SEJARAH ATAU DIKENANG

Sedangkan Partai Golkar memaknai nomor 5 yang diraihnya sebagai Pancasila. "Angka yang menurut kami memiliki arti yang mendalam dan memiliki nilai historis dengan ideologi Pancasila, Pancabakti yang merupakan Ikrar Partai Golkar," kata Wakil Sekjend DPP Partai Golkar, Nurul Arifin. 

Nurul mengatakan nomor tersebut juga memudahkan partai berlambang pohon beringin itu untuk berkampanye. "Memudahkan kampanye dengan mengangkat satu tangan dengan 5 jari. Alhamdulilah pokoknya," tukasnya. 

4. NOMOR 2: ANGKA MASIH BERTAHAN DENGAN DAMAI

Sedangkan PKB memaknai nomor urut 2 yang didapatnya sebagai angka kedamaian. "Kami bersyukur dapat nomor urut dua, nomor victory, kedamaian dunia dan akhir. Semoga nomor ini semakin menguatkan PKB," ujar Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Cak Imin sapaan Muhaimin, lewat nomor urut dua, PKB akan mengusung tema nasionalisme dan religiusitas. Di mana keduanya akan menyatu dalam diri PKB.  Ia berharap nomor ini menyatukan kader Nahdliyin dari Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU) dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB).

5. NOMOR 1: PERJUANGAN, ARTINYA BUTUH KEBERSAMAAN 

Bagi Partai NasDem, nomor 1 identik sebagai pemenang. Apalagi partai tersebut adalah partai baru dan belum pernah ikut Pemilu. Sekretaris jenderal NasDem Ahmad Rofiq mengatakan nomor satu itu mudah diingat masyarakat dan identik pada pemenang.

"Kami bersyukur kepada Allah karena kita diberikan nomor satu. Harapannya memang nomor satu ini membawa kemudahan, mudah diingat masyarakat. Dan juga nomor satu merepresentasikan tekad kuat dari NasDem," ujar Ahmad Rofiq. 

6. NOMOR 8: TINGGAL KENANGAN DAN KEHILANGAN

Lain lagi dengan PAN yang menyebut angka 8 sebagai angka keberuntungan. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan angka 8 bermakna infinity. "Angka 8 artinya simbol yang tak terhingga, tak berhenti," jelasnya.

7. NOMOR 3: DILUPAKAN ATAU TERLUPAKAN

PKS memaknai nomor tiga sebagai semangat kaum muda dengan salam metal. Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan dengan nomor urut dibawah lima maka pihaknya lebih mudah menyosialisasikan kepada masyarakat. "Bisa metal bisa bagaimana saja. Yang lebih mudah memang mengkomunikasikan di bawah nomor lima," kata Hidayat.

Hidayat mengatakan nomor urut tersebut juga menjadi target PKS untuk masuk dalam tiga besar partai politik pada pemilu 2014. Ia mengungkapkan kini PKS akan berkerja secara maksimal untuk mencapai target tersebut. 

8. NOMOR 9: SENSASIONAL TAPI MINIM MASSA

Lain lagi dengan PPP yang mendapat nomor urut 9. Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy menyebut nomor itu memiliki nilai historis dalam sejarah Islam di Indonesia. Angka sembilan juga sosiologis karena pendakwah Islam generasi pertama adalah Wali Sembilan," katanya,. 

9. NOMOR 6: SEBUAH MOMENTUM ATAU DIMANFAATKAN

Sedangkan Partai Gerindra memaknai nomor urut enam sebagai sejarah dan perjalanan partai besutan Prabowo Subianto itu. "Angka 6 berarti sangat besar bagi kami. Partai Gerindra, lahir tanggal 6 Februari, dapat nomor urut untuk Pemilu 2014 nomor 6 dan pada 2014 genap berusia 6 tahun," kata politisi Partai Gerindra, Rachel Maryam, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/1). 

10. NOMOR 4: KEHILANGAN MASSA

Terakhir, PDIP memaknai angka 4 sebagai nilai-nilai Pilar Kebangsaan. "Identik dengan komitmen partai kami dalam memperjuangan nilai-nilai empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Wakil Sekjend DPP PDIP, Ahmad Basarah, di gedung DPR Senayan, Jakarta, Senin (14/1). 

Selain itu, sambung Basarah, angka empat menggambarkan empat penjuru arah mata angin yakni Barat, Timur, Utara dan Selatan. Makna angka empat lainnya menurut dia, sebuah analog gambar kursi yang menyiratkan pesan alam, bahwa di 2014 yang akan datang PDIP akan mendapat mandat rakyat untuk menduduki kursi Presiden dan Wakil Presiden. (bersambung: Arti angka)*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home