Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Rabu, 23 Januari 2013

Disdik Riau 'Terpaksa' Alihkan Dana Rp 268,8 M ke Daerah

Pendidikan di Daerah Riau

CEKAU.COM-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau harus berlapang dada. Pasalnya, sebesar Rp 268,8 miliar dari Rp 653,6 miliar pagu anggaran melalui APBD Riau 2013 akan dialihkan ke kabupaten/kota se-Riau. Pengalihan tersebut, berdasarkan evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), melalui ketentuan PP 38/2007 tentang pembagian kewenangan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Kepala Disdik Riau, Drs HM Wardan MP mengakui hal ini kepada wartawan usai rapat koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Dinas Pendidikan se-Riau, belum lama ini. "Adanya peraturan tersebut, maka anggaran yang dikelola Disdik Riau hanya sebesar Rp 384,8 miliar. Pengalihan anggaran tersebut, maka kita perlu melakukan penjelasan kepada seluruh Disdik kabupaten/kota, khususnya dalam penggunaan anggaran tersebut nantinya," jelasnya.

Dijelaskan Wardan, bahwa anggaran tersebut diberikan dalam dua bentuk. Pertama, lewat hibah, yang diberikan kepada sekolah di bawah yayasan. Mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi (PT), yang jumlahnya mencapai Rp 22,618 miliar.

Sementara bentuk kedua, melalui bantuan keuangan khusus. Dana ini akan dimasukkan lewat kas Sekretariat kabupaten/kota yang diperuntukkan bagi sekolah di luar Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), yang mencapai Rp 246,190 miliar.

Terkait minimnya anggaran yang dikelola Disdik Riau saat ini, Wardan menilai bahwa dana Rp 384,8 miliar, sebagian harus dikeluarkan untuk pembayaran gaji guru bantu. Dan sisanya untuk melaksanakan berbagai program kerja yang lebih difokuskan untuk peningkatan kualitas pendidikan, melalui program pelatihan maupun diklat tenaga pendidik.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home