Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Minggu, 20 Januari 2013

Lagu Dhatin Suri Perdana Versi Terbaru, Unik

Lagu & Lirik Dhatin Suri Perdana
CEKAU.COM-Lagu Dhatin Suri Perdana buah karya agung Alm Husni Thamrin pada tahun 1993 turut menghiasi pelataran musik nusantara, Indonesia. Pada era tersebut, lagu Dhatin Suri Perdana mampu mengoyang musik Melayu, yang dipopulerkan Iyet 'Sribarat' Bustami  di tengah semaraknya musik beraliran pop rock. Kini lagu Dhatin Suri Perdana ini dikemas unik dengan arransemen terbaru versi anak sulung Husni Thamrin, Theja Fathasena. Lagu melayu dengan musik terbaru ini dikemas menarik untuk kalangan anak muda.

Nah, melalui versi terbaru pada 2011, diarransemen sekaligus vokal oleh Theja Fathasena, anak sulung sang pencipta lagu tersebut, kini memberikan keunikan lagu dengan gaya kawula muda modern. Sedap untuk menikmati hentakkan perkusi untuk berdendang dan bergoyang ria.

Keunikan lagu dan liri Dhatin Suri Perdana versi terbaru ini diakui para musisi Riau, dan penikmat  lagu melayu, bahwa alunan musik disertai tempo cepat, memberikan kemudahan dan ingatan para penikmat lagu, khususnya kalangan orang melayu.

"Ya, pada arransemen lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru tersebut memiliki tempo cepat dan lebih mengedepankan perkembangan zaman khususnya bagi kalangan anak muda. Ini dapat diacungkan jempol atas kreativitas yang disajikan," ulas Anas Aismana, musisi Riau kepada cekau.com, saat diminta pendapatnya setelah mendengar lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru di youtube.

Ini pun diamini Encik Zulkifli, penikmat lagu melayu, bahwa kreativitas dalam membuat lagu melayu harus dilakukan sesegera mungkin. Pasalnya, jika tidak dilakukan sesuai perubahan waktu maka akan dikalahkan oleh perkembangan zaman.

Alasan itu pula Encik Zul, menyambut baik atas kreativitas lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru yang dikemas anak pencipta lagu itu sendiri. Apalagi, lagu tersebut lebih mengedepankan musik kekinian dan selera kawula muda.

"Kreativitas pada lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru itu bisa dinikmati semua kalangan, khususnya anak muda. Ini cikal bakal, bahwa musik malayu dapat dinikmati seluruh seantero negeri," katanya.

Dikhawatirkan lagi, tambahnya, bila lagu melayu tidak disentuh dengan kreativitas musik saat ini, maka perkembangan lagu-lagu melayu tersebut akan punah dan sulit diterima oleh generasi muda saat ini dan mendatang.

Arransemen Ulang

Theja, sang vokal sekaligus mengarransemen lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru ini dilakukan pada Akhir 2011 lalu. Bahkan, lagu terbaru melayu ini dipublikasi pada saat pernikahan adiknya sesuai judul lagu, yakni bernama Dhatin Suri Perdana pada Nopember 2011, di Jalan Tanjung Medang, Kelurahan Tanjung Rhu, Pekanbaru.

Anak sulung Husni Thamrin ini mengatakan bahwa arransemen baru Lagu Datin Suri Perdana ini dikemas dengan konsep sederhana. Hanya saja, tambahnya, lagu datin suri perdana ini diikuti dengan gendre musik kawula muda saat ini. Bahkan, alunan sentuhan musik melayu tetap dipertahankan dengan menambah kemasan perkembangan musik saat ini.

Hajat mengaransemen ulang musik lagu Datin Suri Perdana ini bermula, saat ada pernikahan adiknya bontot (paling kecil) bernama Dhatin Suri Perdana. Ide arransemen ulang lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru lagu Melayu itu juga diakui Theja setelah orang tuanya meninggal pada April 2010 lalu. "Namun hajat untuk mengemas musik tersebut sudah diamini mediang ayahnya. Bahkan seluruh buah karya Husni Thamrin yang terkumpul hingga 80 lagu akan dikemas ulang sudah mendapat restu," ujar Theja ketika bertandang di Pekanbaru, Riau kepada cekau.com.

Terkait lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru, kata Theja, disuguhkan ketika adiknya melangsungkan pernikahan. Menggandeng Lung Production di Bogor, Jawa Barat, bersama sang adik keduanya bernama, Andika Fathasena, mereka terus berkarya mengangkat marwah melayu lewat musik dan lagu. Nah, album perdananya, mereka berhasil mengemas tiga lagu dibuat dalam album mini, yakni Lagu Hang TuahLagu Tuanku Tambusai, dan Lagu Dhatin Suri Perdana. Ini sebagai persembahan untuk ayahnya, dan hadiah perkawinan adik bungsunya.

"Album mini sengaja dibuat dengan gabungan tiga lagu, yaitu Lagu Hang TuahTuanku Tambusai, dan Lagu Melayu Dhatin Suri Perdana. Ini sebagai persembahan untuk ayah, juga sebagai hadiah perkawinan adik bungsu kami," kata Theja Fathasena didampingi adiknya Andika Fathasena.

Bukan itu saja, ternyata mereka sudah mempersiapkan sejumlah lagu karya besar Husni Thamrin lainnya yang dikemas dalam bentuk album mini kedua dan ketiga. Lagu-lagu itu kabarnya berjudul Baongok dalam Boncah, Laksamana Raja di Laut, Istana Siak, Tenun Siak, Dedap Durhaka, Putri Kaca Mayang dan lainnya.

"Mudah-mudahan, karya ayah (Husni Thamrin, red), selalu dikenang melalui versi arransemen lagu terbaru melayu ini. Semoga orang melayu, khususnya di Riau dan diperantauan dapat menikmatinya," katanya.

Nah, mau mendengar lagu Dhatin Suri Perdana versi terbaru dan liriknya itu. Nah, Anda dapat simak di youtube berikut ini: Lagu Dhatin Suri Perdana

Lirik lagu Dhatin Suri Perdana:

Dhatin Suri Perdana
Cipt. Alm Husni Thamrin

Duhai Dhatin Suri Perdana,
Nak Dara Melayu Riau
Doa Pintaku Semoga DikabulNya,
Kelak Menjadi Insan Berguna

Engkau Sepantun Santan Temuli,
Lemak Terasa Manispun Ada
Bijak Menjaga Marwah Diri,
 Menjunjung Harkat Martabat Negeri

Reff :

Duhai Dhatin Suri Perdana
Aku Dendangkan Dalam Buaian
Langgam Ghazal Syair Gurindam
Khazanah Riau Semenjak Silam

Sekilas Pandang Dalam Lamunan,
Duduk Bersimpuh Berkebaya Labuh
Menyusun Lentik Jari Sepuluh,
Menyambut Datang Ayah & Ibu

Selamat menikmati, ya?


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home