Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Kamis, 03 Januari 2013

ISG 2013, Jembatan Siak IV segera Beroperasi?

Jembatan Siak IV
CEKAU.COM-Helat olahraga muslim sedunia atau disebut Islamic Solidarity Games (ISG) III, 2013 di Riau, akan segera berlangsung sekitar September. Untuk itu pembangunan infrastruktur segera digesa oleh Pemerintah Provinsi (Pempro) Riau. Termasuk pembangunan jembatan Siak IV yang berada di Jalan Sudirman ujung, (pelita pantai) di Tepian sungai Siak menuju Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru.

Jembatan Siak IV Pekanbaru ini terbuat dari konstruksi baja dan beton dengan panjang 834,10 meter dan lebar 18,5 meter. Dana jembatan ini diambil dari APBD dan APBN. Namun, pembangunan jembatan Siak IV ini sempat tertunda karena keterbatasan dana yang dimiliki Pemprov Riau. Bahkan pernah terdengar anggaran pembangunan jembatan siak IV ini pernah dipotong untuk kebutuhan yang lain yang tidak jelas.  

Hal ini diakui anggota Komisi C, Abu Bakar Siddik kepada redaksi bahwa ada pemotongan biaya pembangunan Jembatan Siak IV tersebut. "Memang ada pemotongan biaya Jembatan Siak IV beberapa puluh miliar dari Rp179 miliar. Pemotongan ini dikarenakan dialihkannya pada proyek yang lain yang lebih membutuhkan," akunya.

Abu menjelaskan, pemotongan ini diharapkan tidak akan menghambat penyelesaian pembangunan Jembatan Siak IV. Karena, sampai saat ini progress pembangunan Jembatan Siak IV telah mencapi 40 persen.
Selain adanya pemotongan jumlah dana, ternyata pembangunan Jembatan Siak IV bertambah 10 persen dari jumlah nilai proyek awal yang mencapai Rp438 miliar. Penambahan dana ini disebabkan adanya penambahan pekerjaan pelebaran jalan di sekitar jembatan.

"Ada penambahan 10 persen dari nilai kontrak awal karena adanya penambahan di bagian jalan menuju Jembatan Siak IV," sebutnya.

Sementara Gubernur Riau (Gubri), H M Rusli Zainal SE MP menargetkan pembangunan Jembatan Siak IV harus tuntas sebelum pelaksanaan ISG 2013. Hal tersebut disampaikan Gubri kepada wartawan di sela meninjau pembangunan Jembatan Siak IV, Pekanbaru, Rabu (2/1). Dalam tinjauan itu, Gubri didampingi beberapa kepala dinas terkait dan disambut kontraktor pengerjaan Jembatan Siak IV.

"Dari keterangan kontraktor, hasil pengerjaan proyek ini sampai sekarang sudah mencapai 55,5 persen. Untuk itu, kita targetkan pembangunan jembatan ini selesai sebelum bulan Juni mendatang atau sebelum dilaksanakannya ISG 2013 di Riau," sebutnya.

Gubri mengaku sudah mengingatkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau dan pihak kontraktor harus betul-betul mempersiapkan pembangunan jembatan ini jauh-jauh hari sebelum persiapan ISG.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home