Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Minggu, 26 Agustus 2012

Neil Armstrong Wafat di Usia 82 Tahun

Neil Armstrong
CEKAU.COM-Neil Armstrong, Astronot Amerika Serikat yang pertama kali menginjakkan kaki ke bulan, meninggal dunia di usia 82 tahun. Keluarganya mengatakan pada Sabtu 25 Agustus 2012, namun tidak menjelaskan kapan dan di mana Armstrong meninggal.



Namun, kantor berita Reuters melaporkan, Armstrong meninggal karena sakit komplikasi setelah menjalani operasi cardiovascular, dua hari setelah ulang tahun pada 5 Agustus lalu.

Komplikasi akibat operasi jantung yang pernah dilakukan Neil Armstrong ini, terjadi di awal bulan ini. Namun pasca-operasi, terjadi komplikasi yang pada akhirnya menyebabkan kesehatan dirinya semakin menurun.

Associated Press dan dikutip okezone.com, Minggu (26/8) menuliskan bahwa Komandan dari misi Apolo 11 itu, menginjakan kaki di bulan pada Juli 1969. Sesaat setelah dirinya menapakan kaki di permukaan bulan, Armstrong mengeluarkan pernyataan paling dikenal.

"That's one small step for man, one giant leap for mankind." atau dalam bahasa Indonesia berarti "Satu langkah bagi seorang pria, satu langkah besar bagi manusia."

Bersama dengan Buzz Aldrin, Armstrong berjalan di permukaan bulan selama tiga jam. Mereka mengambil contoh bebatuan bulan, serta melakukan percobaan dan mengambil foto. Selama melakukan misi ke bulan, Armstrong menceritakan bagaimana pemandangan luar biasa yang pernah ia alami.

Sementara Barack Obama, Presiden Amerika Serikat, menilai sosok Armstrong adalah pahlawan. “Armstrong adalah salah satu pahlawan terbesar Amerika. Bukan hanya di masanya, tetapi sepanjang masa,” kata Obama, seperti dilansir vivanews.com dari Reuters, Minggu 26 Agustus 2012.

Menurut presiden kulit hitam pertama di AS itu, semangat mengeksplorasi sesuatu yang saat ini ada dalam tiap diri manusia diinspirasi oleh Armstrong.

“Hari ini, semangat Neil untuk menemukan sesuatu hidup dalam diri semua orang yang mengabdikan hidup mereka untuk mengeksplorasi sesuatu yang tidak diketahui. Termasuk mereka yang yakin kita bisa mencapai yang lebih tinggi dan lebih jauh lagi di ruang angkasa. Itu semua dipicu oleh seorang pria yang mengajarkan kepada kita, kekuatan besar dari satu langkah kecil,” kata Obama, diplomatis.

Armstrong memang memiliki jiwa dan kepribadian layaknya pahlawan. Di mata rekan-rekannya di NASA, ia merupakan sosok yang selalu rendah hati.

“Dia telah berani melakukan yang terbaik untuk negaranya, dan dia sangat bangga akan hal itu. Namun, dia masih orang rendah hati yang sama,” komentar Glenn, salah satu rekan Armstrong di NASA saat diwawancara CNN, kemarin.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home