Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 18 September 2012

Sukseskan PON Riau, RCTI Tayangkan Lagu Bangkit Budak Melayu

Lagu BBM di RCTI
CEKAU.COM-Lagu Bangkit Budak Melayu yang dibuat di Kota Bogor, Selasa, 14 Juni 2011 lalu, itu kini sudah terdengar ke seantero negeri. Lagu yang awalnya dinilai cocok untuk theme song Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, September ini, oleh kalangan musisi Riau dan tetua adat melayu Riau, kini ternyata juga diminati RCTI.





Nah, televisi swasta pertama di Indonesia itu, sejak berlangungnya PON Riau, selalu mempublikasikan lagu Bangkit Budak Melayu ini. Padahal,lagu asli Theme song PON alias lagu tema PON, yakni Selamat Datang Sang Juara, yang kini dibawa oleh artis Indonesia Idol, Judika, tidak dipublikasikan secara maksimal.

Tak tanggung-tanggung. Lagu Bangkit Budak Melayu itu selalu diputar RCTI selama PON XVIII Riau, pada jam tayang yang mahal. Durasi penayangan bisa mencapai satu lagu, atau sekira 3-5 menit.

Mengapa Lagu Bangkit Budak Melayu lebih populer ketimbang lagu asli PON Riau? Nah, ada yang menilai, lagu PON Riau itu lebih konsumtif (akrab) di telinga masyarakat melayu di seantero negeri. Baik dalam penulisan syair (lirik) maupun musik yang didendangkan oleh pencipta lagu.

Lagu Bangkit Budak Melayu di RCTI


"Lagu Bangkit Budak Melayu itu, bukan saja disukai kalangan anak-anak dari usia 3 tahun, tetapi juga disukai orangtua melayu. Karena lagu tersebut memiliki roh musik melayu yang tepat sasaran," sebut HT Saeran, tokok adat melayu Riau, yang juga penikmat seni lagu melayu.

Saeran menilai lagi, lagu Bangkit Budak Melayu memiliki ciri khas dendang musik melayu di dunia ini. Mudah akrab dengan hentakkan perkusi ala musik modern. Makanya, jika lagu melayu mudah dikenal diseluruh dunia, tentunya musik melayu itu harus diubah dengan aransemen musik melayu modern. Ini sudah dibuktikan pada lagu Bangkit Budak Melayu ciptaan Theja Fathasena, musisi Riau yang lama diperantauan.

Ini juga diamini tokoh muda asal Malaysia, Faeran dalam komentarnya di youtube video, ketika mendengar lagu Bangkit Budak Melayu. Katanya, lagu Bangkit Budak Melayu memberikan semangat bagi budak-budak melayu di dunia. "Hidup budak melayu, ayo bangkit. Melayu tak hilang di dunia," sebutnya.

Ketika dikonfirmasi kepada pencipta dan arransemen lagu Bangkit Budak Melayu, Theja Fathasena, mengatakan bahwa lagu Bangkit Budak Melayu, sebenarnya diciptakan untuk memberikan semangat para pemuda-pemudi melayu di seantero negeri.

"Lagu tersebut sebagai cikal bakal semangat para pemuda-pemudi di dunia. Siapapun sukunya, bangsanya, yang jelas dia termasuk orang melayu yang merupakan satu-kesatuan di semenanjung negeri ini. Kita adalah bangsa melayu yang dulu pernah berjaya, dan kini sudah dilupakan," terang Theja.

Alasan itu pula, Theja menyebut, jika banyak yang menilai bahwa lagu Bangkit Budak Melayu juga cocok untuk PON XVIII Riau, itu sebenarnya sebuah penilaian setiap orang. Tapi, yang jelas lagu yang diciptakan itu untuk memberikan semangat kepada pemuda-pemudi untuk bangkit dan berkreasi. Berjuang dan berprestasi.

Nah, alasan itu pula, lagu Bangkit Budak Melayu, kini disiarkan berulang-ulang oleh RCTI, sebagai lagu yang mengusung semangat berkreasi, berjuang mencapai prestasi.

"Lagu itu memang memberikan semangat untuk berjuang, berkreasi mencapai prestasi. Jadi kami nilai lagu Bangkit Budak Melayu ini, juga sangat cocok untuk memotivasi para atlet yang bertanding di PON XVIII Riau. Inilah kontribusikan kami untuk mendukung suksesnya PON Riau," sebut salah seorang tim penayangan penyiaran RCTI, ketika bersua dengan Theja Fathasena di Studio RCTI, Jakarta.*


~ 2 komentar ~

  1. Selamat Bro? Lagunya ditayangkan di RCTI. Tapi aku lihat juga di Global TV. Mantap. Teruskan bangkit budak-budak melayu ini. Siapa lagi yang kan peduli?

    BalasHapus
  2. Setuju... Ciptakan kreativitas dan majukan musik tanah melayu se dunia ini.

    BalasHapus

Prev Post Next Post Home