Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Minggu, 02 September 2012

Dukung Kemanan PON, Polda Riau Terjunkan 5.090 Personel

Suedi Husein
CEKAU.COM-Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau turunkan 5.090 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau pada 9-20 September 2012. Jumlah ini Polda Riau meminta bantuan dari empat Polda lain, anggota TNI dan Satpol PP.



Kapolda Riau, Brigjen Pol Suedi Husein mengatakan ini di Pekanbaru, Minggu (2/9). "Pasukan jajaran Polda Riau sebanyak 4.600 orang personil. Mereka disiagakan selama pelaksanaan PON XVIII. Jumlah 1.100 personel dari Polda Riau dan lainnya dari jajaran Polres di kabupaten/kota," katanya.

Selain itu, lanjut Suedi, Polda Riau juga meminta bantuan Polda dari daerah lain berupa personil dan kendaraan operasional. "Kita kekurangan mobil dan sepeda motor karena pengadaannya tidak sempat. Kita meminjam dari mereka termasuk personilnya sebanyak 25 orang," katanya dan menambahkan Polda Riau juga melibatkan 12 unit kapal patroli dari Direktorat Polisi Air dan Udara untuk melakukan pengamanan wilayah.

"Pengamanan PON XVIII melibatkan TNI dan Satpol PP. Gabungan ketiga kekuatan ini membentuk tujuh satuan tugas (satgas) yang berada dalam satu payung operasi dengan sandi 'Serindit Siak'. Seluruh personel dengan bantuan TNI dan Satpol PP berjumlah 5.090 personel," ujarnya dilansir antara.

Tujuan pembentukan Operasi Serindit Siak adalah untuk pengamanan 54 arena pertandingan, atlet dan ofisial, hotel dan penginapan serta menjaga kelancaran arus lalu lintas selama pelaksanaan PON XVIII.

PON XVIII diikuti 33 provinsi ini akan dibuka secara resmi pada 11 September oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sejumlah pertandingan akan sudah dimulai pada 6 September dan penutupan dijadwalkan pada 20 September mendatang.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home