Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Jumat, 26 April 2013

Jadwal Penyerahan Daftar Calon Sementara Diperpanjang


CEKAU.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang tahapan dan jadwal penyerahan Daftar Caleg Sementara (DCS) oleh partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014 selama tujuh hari kerja. Alasan utamanya adalah belum adanya dana untuk pembentukan PPS, Pantarlih dan PPK.

"Jadi kami belum terbentuk, sedangkan jadwalnya sudah habis tentu kita harus ubah jadwalnya," kata Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/4).

Alasan berikutnya, ada banyak perubahan dalam proses pencalonan. Maka jangka waktu yang ada dinilai terlalu sempit untuk menyelesaikan syarat pencalonan. Contohnya adalah syarat bagi Caleg untuk mengumpulkan 5000 copy KTP sebagai bukti dukungan.

"Semua Parpol juga pasti senang dengan perpanjangan ini. Bisa dilihat partai mana yang serahkan antara tanggal 15-22 April. Jadi sama sekali tidak berpikir untuk kepentingan parpol tertentu. Lalu untuk perbaikan, kami berpikir apa iya mereka bisa perbaiki dalam jangka waktu pendek?" jelasnya.

Alasan terakhir adalah masih ada sengketa Parpol yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu dan menempuh jalur hukum. Hal ini berimbas dengan memakan waktu yang cukup panjang. "Makanya kita perpanjang sedikit untuk merespon itu. Memang ada yang tidak sinkron antara proses penyelesaian sengketa dengan tahapan pemilu," sebutnya.

Informasi, KPU sudah menetapkan tahapan penjadwalan daftar Caleg dari 9-15 Maret 2013 lewat PKPU No 7 Tahun 2012. Kemudian diubah dengan PKPU No 6 Tahun 2013 sehingga jadwal tahapan berubah dari 9-22 Maret 2013.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home