Hubungi Kami | Tentang Kami | Disclaimer

Selasa, 13 September 2011

Usman M Tang, Menapak Karier Mengapai Nakhoda

CEKAU.COM - Ada lima prinsip hidup yang dinukilkan Prof Usman Muhammad Tang. Adalah proses belajar, motivasi hidup, semangat hidup, kepercayaan dan tantangan. Inilah lima hakikat hidup yang ia tambalkan dalam aktivitasnya sehari-hari.

Dikalangan teman sejawat, lelaki berperawakan sederhana ini terbilang sukses meramu ilmu dari berbagai disiplin. Tak jarang bila ia mengasyikkan karena nadanya yang tegas, dan ketegasnya yang mendasar.

Bahkan, pembicaraan meretas gelak tawa, dan berakhir dengan pantun nasehat.
Dalam konsep, Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Riau (UR) ini memang selalu menyesakkan, karena ia begitu kepingin mencakup banyak hal. Mengulas begitu banyak bahan, mendepa sejarah yang panjang—untuk membuktikan dan mengecam satu analisis: penelitian.

Berbagai kajian sudah banyak ia lakoni, hingga melahirkan berbagai buku ajar dan penuntun mahasiswa di UR. Buku praktis hasil penelitian sosial, perikanan dan juga lingkungan pesisir, telah ia luncurkan. Maka, Usman sendiri ternyata lebih luas tebaran jaringannya bila ia bicara tentang metodologi penelitian.

Bagi pria berkumis tebal ini, konsep dan metodologi penelitian adalah suatu gaya pemikiran, suatu sikap mungkin saja sindrom, tapi juga suatu institusi antara pelbagai usaha yang sejalan dalam mencapai tujuan.*


0 komentar:

Posting Komentar

Prev Post Next Post Home